Header Ads

ad728
  • Breaking News

    6 Tempat Istimewa yang Wajib Dikunjungi Saat Umrah

    Ketika melakukan ibadah umrah, Anda akan mengunjungi berbagai tempat yang mengandung nilai sejarah peradaban Islam di seputaran Kota Mekah dan Madinah. Nah dari sekian banyak tempat yang disambangi saat umrah, ada beberapa diantaranya yang wajib dikunjungi karena menjadi salah satu rukun sah ibadah umrah.
    Jika melewatkan kunjungan ke tempat-tempat tersebut maka ibadah umrah yang dilakukan menjadi tidak sah.
    Dihimpun Dream dari berbagai sumber, Jumat 26 Juli 2015, berikut 6 tempat istimewa yang wajib dikunjungi selama perjalanan umrah.

    1. Bir Ali dan Tan'im
    Bir Ali dan Tan'im merupakan tempat untuk melakukan miqot atau tempat untuk memulai ibadah umrah, berpakaian ihram serta mengucapkan niat umrah. Perbedaan keduanya, Bir Ali terletak di Kota Madinah dan merupakan syarat umrah yang utama. Sementara Tan'im terletak di Mekah dan merupakan sunah umrah atau syarat umrah kedua.

    2. Masjid Al Haram dan Kabah
    Kedua tempat ini terletak di Kota Mekah dan merupakan tempat utama dalam melakukan rangkaian ibadah umrah. Masjid Al Haram merupakan tempat utama untuk melakukan salat, sedangkan Kabah adalah tempat utama untuk melakukan tawaf.

    3. Maqom Ibrahim
    Banyak orang beranggapan bahwa Maqom Ibrahim adalah tempat dimakamkannya Nabi Ibrahim AS. Namun sebenarnya, Maqom Ibrahim bukanlah kuburan Nabi Ibrahim melainkan simbol penghormatan kaum muslimin terhadap pembangunan Baitullah atau Kabah. Maqom Ibrahim terletak di dekat Kabah. Anda yang berumrah dianjurkan untuk melakukan salat sunah menghadap ke Maqom tersebut.

    4. Sofa dan Marwa
    Sofa dan Marwa merupakan dua bukit kecil yang terletak di Kota Mekah. Keduanya merupakan tempat untuk melakukan ibadah Sa'i dengan cara raml atau berlari-lari kecil hingga berjalan biasa. Bukit Marwa juga dijadikan tempat untuk melakukan tahalul atau bercukur saat umrah.

    5. Masjid Nabawi
    Masjid megah ini terletak di Kota Madinah. Masjid Nabawi merupakan tempat pertama melakukan salat subuh dan mempersiapkan pelaksanaan serangkaian ibadah umrah.

    6. Raudhoh
    Anda yang berumrah tak boleh melewatkan untuk berziarah ke tempat istimewa ini. Raudhoh merupakan salah satu ruangan di Masjid Nabawi yang banyak dikunjungi jamaah untuk memanjatkan doa. Ruangan ini terletak di antara kamar Nabi Muhammad SAW dan mimbar untuk berdakwah. Tempat ini tak pernah sepi dari jamaah umrah lantaran diyakini sebagai tempat yang paling makbul untuk memanjatkan doa. (Ism) 

    Sumber : Dream.co.id

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728